KEUTAMAAN MAJELIS DZIKIR

 فضل مجالس الذكر

KEUTAMAAN MAJELIS DZIKIR

Majelis (مَجْلِسٌ) adalah bentuk kata tempat dari kata kerja jalasa (جَلَسَ) yang berarti duduk. Sehingga makna majelis ialah tempat duduk atau tempat berkumpul yang kemudian berkembang maknanya menjadi pertemuan atau berkumpulnya orang banyak. Dengan demikian Majelis dzikir adalah berkumpulnya orang banyak pada satu tempat untuk berdzikir atau mengingat Allah SWT. dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Majelis dzikir, merupakan majlis yang mulia dan memiliki keutamaan yang agung, bahkan Allah SWT memerintahkan untuk bersabar apabila sedang berada bersama sekumpulan atau sekelompok orang yang sedang berdzikir. Sebagimana Firman Allah SWT:
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ
“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan sore dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS. al-Kahfi: 28).

 

ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ

Maha suci Engkau Ya Allah, dan segala puji bagi-Mu.
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau.

Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu

 

الفقيرالى رحمة الله

ACHMAD FADLI FAUZI


Lainnya